Profile

 

Rasulullah bersabda :

Aku dan orang yang merawat anak yatim akan dekat di surga.

(seperti dekatnya jari tengah dan jari telunjuk)

H.R. Bukhari Muslim

  Untuk beramal tidak harus menunggu kaya. Bila mampu menyumbang dengan tenaga lakukan dengan tenaga walau hanya sesaat. Bila mampu menyumbang uang dengan uang seribu, lakukan tanpa harus menunggu punya uang sepuluh ribu. Beramallah semampunya dan istiqomahlah. Insya Allah amal itu bisa menjadi besar.

Dengan pedoman di atas, sejak tahun 2004 kami merintis berdirinya pondok yatim al Hilal. Pondok yatim ini didirikan di satu desa yang jauh dari kota yaitu di desa Rancapanggung Cililin Bandung Barat. Sekitar dua jam perjalanan dari kota Bandung atau satu jam dari pintu tol padalarang.

Sesuai kemampuan pengurus, awalnya kegiatan hanya pengajian dan santunan kepada anak yatim setiap dua bulan sekali. Pengajian dilakukan di tempat yang sederhana dengan kondisi bangunan yang relatif tidak bagus. Setelah dua tahun berjalan, kegiatan pengajian dan santunan menjadi satu bulan sekali. Terus menerus dilakukan secara istiqomah, akhirnya tahun 2009 pengurus mampu membangun pondok yatim. Walaupun pondok yatim yang dibangun masih kecil, tapi jauh lebih baik dibandingkan bangunan sebelumnya. Sejak itu jamaah pengajian mulai diperlebar. Selain anak yatim, anak dhuafa sekitar pondok juga diajak untuk pengajian yang dilakukan setiap hari.

Jamaah pengajian ibu-ibu pun diperlebar. Selain ibu dari anak yatim, ibu-ibu sekitar pondok diajak untuk ikut dalam pengajian tersebut.

Alhamdulillah kini pondok yatim pun sudah resmi berbadan hukum yayasan.

Setelah tujuh tahun berdiri banyak kegiatan yang dilakukan oleh pondok yatim. Di antaranya :

  1. Santunan untuk anak yatim
  2. Pengajian anak yatim dan anak dhuafa setiap hari
  3. Pengajian ibu-ibu setiap hari minggu
  4. Pengajian kitab kuning setiap hari minggu
  5. Pelatihan untuk anak yatim setiap sebulan sekali
  6. Festival anak yatim setahun sekali
  7. Program penyaluran zakat, infaq dan sodaqoh untuk anak yatim di pedesaan
  8. Program penyaluran wakaf al Quran di pedesaan
  9. Program penyaluran wakaf buku hadis di pedesaan
  10. Program penyaluran hewan kurban untuk anak yatim di pedesaan

Awalnya dana untuk anak yatim berasal dari pengurus. Lama kelamaan banyak Muslim yang menitipkan sedekah, zakat dan wakafnya untuk pondok yatim. Pada pondok yatim ini pos keuangan bisa dibagi dua. Pengumpulan dana dan penyaluran dana. Kedua-duanya sama pentingnya. Karena itu kami berusaha untuk mengumpulkan dana yang cukup agar bisa mengasuh anak yatim lebih baik dan lebih banyak lagi. Kami juga berusaha untuk mengelola dana tersebut dengan baik agar mempunyai hasil yang berlipat ganda dibandingkan dengan dana yang dikeluarkan.

Untuk menjaga amanah dari penyumbang, seluruh dana sumbangan (100 %) disalurkan dan dikelola dengan baik untuk anak yatim tanpa dikurangi apapun untuk gaji amil.

Semua biaya operasional pengurus ditanggung oleh pengurus. Biaya pembuatan publikasi, biaya administrasi kantor dan biaya tenaga operasional yang tidak terkait langsung dengan  anak yatim berasal dari usaha penerbitan al Quran.

Sejak tahun 2010 mulai di rintis pendirian pondok yatim di Cipadung Cibiru. Sementara ini, sesuai kemampuan dari pengurus, anak-anak yatim masih berada di rumahnya masing masing dan setiap hari datang pengajian ke pondok yatim.[button link="http://pengasuhanakyatim.com/99/rencana-kedepan-pondok-yatim/ "]Halaman Berikutnya[/button]